BEM Poltesa Gandeng Kodim 1208/Sambas dalam Pendikar Maba Poltesa

BEM Poltesa Gandeng Kodim 1208/Sambas dalam Pendikar Maba Poltesa

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1208 Sambas menggelar Pendidikan Karakter (Pendikar) bagi mahasiswa baru (Maba) Poltesa yang dilaksanakan di Kampus Poltesa mulai tanggal 23-24 Oktober 2021.

Bayu Azhar Selaku Ketua Panitia mengatakan, “Kegiatan Pendikar kali ini berkolaborasi dengan Kodim 1208 dengan tujuan agar Maba memiliki karakter sama seperti Kodim dan Pertahan Negara yang memiliki sikap Disiplin, Tegas, Keras dan bisa memahami apapun yang ada di kampus. Untuk kegiatan Pendikar kali ini sama seperti sebelumnya hanya berbeda di teknis lapangan yang pertama penyampaian materi dan dilanjutkan dengan Outbond seperti PBB dan game game yang menimbulkan karakter Mahasiswa yang beretika, “jelasnya.

Tan Fitri Nur Hidayah Selaku Pejabat Sementara (PJS) Presiden Mahasiswa (Presma) Mengatakan “Untuk PKKMB lanjutan atau Pendikar tahun ini jumlah Mahasiswa keseluruhan ada 624 Mahasiswa tetapi karena masih dalam status Pandemi jadi dibagi jadi dua sesi yang pertama pada hari Sabtu diikuti oleh Jurusan Agribisnis dan hari Minggu Jurusan Teknik Mesin dan Manajemen Informatika. Pendikar ini akan dilakukan selama 6 bulan jadi setiap Pendikar selalu ingin memberikan suasana baru bagi Mahasiswa untuk Pendikar yang pertama penyampaian materi tentang kampus dan untuk Pendikar kali ini kita mengkhususkan untuk mereka di latih secara fisik, Mentalnya dan juga karakternya tentang bagaimana menjadi Mahasiswa yang seharusnya Mahasiswa yang berkarakter, “terangnya.

Kapten Infantri Sigit Edi Sarwana selaku Komandan Kodim 1208 Mengatakan” Kerja sama antara Kodim dan Mahasiswa saat ini terjalin dengan baik dan harapan saya kegiatan ini bisa berlanjut seterusnya karna Pendidikan Karakter anak bangsa harus di berikan sedini mungkin tidak hanya di Mahasiswa kalau perlu tingkat Sekolah Dasar pun harus diberikan, “tegasnya.

Beliau berharap ke depan dapat terus terjalin kerjasama antara Mahasiswa dan Kodim, “harapan kita untuk kerja sama ini tetap dapat berjalan dengan baik, bersinergi, bisa dipertahankan dan berkesinambungan. Pesan saya kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik dan di laksanakan di lapangan tidak hanya di materi tetapi juga di lapangan agar terbukti bahwa kegiatan ini berlangsung dengan baik, “harapnya.

Kegiatan Pendikar ini dimulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB, Kodim 1208/Sambas menurunkan 20 orang personil dalam kegiatan ini. Adapun rangkaian kegiatan pada Pendikar ini meliputi Outbond dan Penyampaian materi dari anggota Kodim 1208/Sambas terkait pemahaman tentang Bela Negara.