Bidang Kemahasiswaan Poltesa Gelar Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Pengurus ORMAWA Poltesa

Bidang Kemahasiswaan Poltesa Gelar Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Pengurus ORMAWA Poltesa

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menyelenggarakan Training Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Pengurus Organisasi Mahasiswa(Ormawa) Poltesa di Gedung Kuliah Terpadu Ruang Kelas 5-6, kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Yuliansyah, S.E.,M.E selalu Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, dan Bapak Drs. Budiman Thahir, M.Si selaku penyampai materi Traning, turut hadir Presiden mahasiswa Irfan Rabani dan 54 Mahasiswa perwakilan pengurus Ormawa juga hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan ini undangan dibatasi tidak semua Pengurus Ormawa hadir, hanya perwakilan dari setiap Ormawa saja, hal ini terkait keadaan Indonesia saat ini yang masih menghadapi Pandemi Covid-19 dan semua peserta Traning diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan Traning kali ini pemateri menyampaikan pengalamannya untuk menginspirasi para mahasiswa dan juga melakukan diskusi bersama, membahas mengenai fungsi institusi yang membentuk manusia yang berakhlak mulia secara ilmiah dengan berpedoman pada Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa selain mendapatkan pendidikan kurikuler (program yang terkurikulum) juga dapat mengembangkan pengetahuan melalui ekstra kurikuler.

Terdapat 3 kebutuhan pokok dalam mahasiswa yaitu nalar, bakat dan kesejahteraan mahasiswa. Mahasiswa yang berkecimpung dalam kegiatan extra kurikuler (organisasi) diharapkan dapat menjadi mahasiswa yang reponsif ,dapat membangun jaringan,menganalisis suatu permasalahan dan dapat menyelesaikan masalah secara ilmiah.

Bapak Drs. Budiman Thanhir, M.Si berpesan kepada seluruh pengurus Ormawa “Dalam memimpin sebuah organisasi bukan hanya menggunakan ilmu saja tetapi juga harus menggunakan seni, seni digunakan untuk saling memahami karakter setiap individu yang memiliki karakter berbeda-beda dan mahasiswa harus dapat berpikir kritis dan inovatif selama menjadi mahasiswa”, ujarnya. Dengan diadakannya kegiatan penguatan karakter ini semoga dapat menjadi inspirasi mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya dan menjalankan amanah sebagai pengurus Organisasi Mahasiswa di Politeknik Negeri Sambas. (LPM Poltesa/Humas Poltesa)