Sejarah Program Studi Akuntasni Sektor Publik bermula dari permohonan pembukaan program studi akuntansi bersama program studi lainnya. Surat permohonan pembukaan program studi baru yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta bernomor: 069/PL37/KL/2014 tanggal 24 Februari 2014 ditandatangani oleh bapak Tedi Heryanto, S.Pd, M.M. selaku direktur Politeknik Negeri Sambas pada saat itu. Selanjutnya, tanggal 24 Juli 2014 diterima jawaban surat nomor 654/E.E2/DT/2014 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta kepada Direktur Politeknik Negeri Sambas tentang penugasan penyelenggaraan program studi dan nama program studi yang mendapatkan penugasan penyelenggaraan bidang ilmu akuntansi adalah program studi Diploma IV Akuntansi Keuangan Perusahaan (AKP). Tahap akhir dari proses pemohonan pembukaan program studi AKP adalah dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI nomor 384/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 tentang izin penyelenggaraan program studi pada Politeknik Negeri Sambas di Sambas yang di dalamnya termasuk program studi Akuntasi Keuangan Perusahaan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 417/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Nama Program Studi pada Politeknik Negeri Sambas di Kabupaten Sambas, Program Studi Akuntasi Sektor Publik berubah nama menjadi Akuntasi Sektor Publik. Program Studi Akuntansi Sektor Publik saat ini telah Terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2553/SK/BAN-PT/Akred/ST//VII/2019 yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Visi

“Menjadi Program Studi yang Menyelenggarakan Pendidikan Vokasi bidang Akuntansi terkemuka di Tingkat Nasional Pada Tahun 2034 dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang akuntansi melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dan memiliki reputasi nasional dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Meningkatkan kemampuan transfer pengetahuan dan keilmuan tenaga pengajar dalam bidang akuntansi melalui pendidikan berkelanjutan, pelatihan, seminar, workshop/magang, dan kajian-kajian ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang akuntansi yang bermutu dan memiliki reputasi nasional.
  4. Berperan serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yang berdaya dan berhasil guna.
  5. Mengembangkan jejaring dan kerjasama berkelanjutan dengan institusi relevan tingkat lokal, nasional, internasional dalam rangka peningkatan serapan alumni.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam bidang pelaporan akuntansi, pengauditan, dan perpajakan dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana sains terapan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan dunia swasta dan pemerintahan pada bidang pelaporan akuntansi, pengauditan, dan perpajakan.
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian aplikatif dalam bidang akuntansi yang berdaya dan berhasil guna bagi dunia swasta dan pemerintahan.
  4. Menghasilkan program pengabdian masyarakat dengan mengembangkan jejaring pada institusi-institusi yang relevan.

Tenaga Pendidik

Mahyus, S.Pd., S.E., M.M Eliza Noviriani, S.E., M.S.A
Eko Febri Lusiono, S.E., M.Acc U. Ari Alrizwan, S.Pd., M.Ak
Yuliansyah, S.E., M.E Lailatul Mukaromah, S.E.I., M.Ak
Munandar, S.E., M.M EE Zurmansyah, S.Pd., M.Ak
Suharman, S.E., M.E., PIA
Close Menu