D-IV Pengelolaan Usaha Rekreasi – Sejarah Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) bermula dari permohonan pembukaan program studi pariwisata bersama program studi lainnya. Surat permohonan pembukaan program studi baru yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta bernomor: 069/PL37/KL/2014 tanggal 24 Februari 2014 ditandatangani oleh bapak Tedi Heryanto, S.Pd, MM selaku direktur Politeknik Negeri Sambas pada saat itu. Selanjutnya, tanggal 24 Juli 2014 diterima jawaban surat nomor 654/E.E2/DT/2014 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta kepada Direktur Politeknik Negeri Sambas tentang penugasan penyelenggaraan program studi dan nama program studi yang mendapatkan penugasan penyelenggaraan bidang ilmu pariwisata adalah program studi Diploma IV Manajemen Bisnis Pariwisata. Tahap akhir dari proses pemohonan pembukaan program studi MBP adalah dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI nomor 384/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 tentang izin penyelenggaraan program studi pada Politeknik Negeri Sambas di Sambas yang di dalamnya termasuk program studi Manajemen Bisnis Pariwisata.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 417/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Nama Program Studi pada Politeknik Negeri Sambas di Kabupaten Sambas, Program Studi manajemen Bisnis Pariwisata berubah nama menjadi Pengelolaan Usaha Rekreasi. Saat ini program studi Pengelolaan Usaha Rekreasi telah Terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Nomor 4176/SK/BAN-PT/Akred/ST/X/2019 yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Visi

“Menjadi Menjadi program studi terbaik dan terdepan dalam pengembangan pendidikan vokasi di bidang pariwisata pada tahun 2034”

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi yang komprehensif dan berkualitas.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pariwisata secara kontinyu dan terpadu.
  3. Menyebarluaskan dan membudayakan ilmu manajemen dan bisnis di bidang pariwisata dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Membangun jaringan kerjasama pengembangan bidang pariwisata.

Tujuan

Tujuan program studi Manajemen Bisnis Pariwisata adalah menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi dalam pendidikan vokasi di bidang pariwisata yang di wujudkan dalam:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang komprehensip dan berkualitas.
  2. Menciptakan atmosfir akademik yang mampu menumbuhkan lifeskil, softskil, dan entrepreneurship mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu manajemen dan bisnis di bidang pariwisata secara kontiyu dan terpadu.
  4. Meningkatkan produktivitas civitas akademika untuk menyebarluaskan ilmu pariwisata.
  5. Menumbuhkembangkan budaya dan teknologi lokal dalam bisnis pariwisata dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dan sesuai kebutuhan.
  6. Meningkatkan akses informasi dan sumberdaya lintas institusi/stakeholder dalam pengembangan pariwisata.

Tenaga Pendidik

Sabahan, S.P., M.Si Meniwati, S.S., M.Hum
H. Asbeni, S.Sos., M.Si Ira Mutiaraningrum, S.Pd., M.Pd
Rossi Evita, S.E., M.Par Nur Astri Fatihah, S.T., M.T
Tita Rosalina, S.Sos., M.Par Janiarto Paradise Pawa, S.Si., M.Si
Hikmah Trisnawati, S.Ant., M.Par Azzam, S.I.P., M.H.I
Nurchalis, S.Ag., M.Par Delyanet, S.Si., M.Si
Tendi Antopani, S.Sn., M.Sn  
Close Menu