DPM Gelar Sidang Pleno KBM Politeknik Negeri Sambas Tahun 2020

DPM Gelar Sidang Pleno KBM Politeknik Negeri Sambas Tahun 2020

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Gelar Sidang Pleno KBM yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Tahun 2020, yang dilaksanakan di Gedung Terpadu Poltesa pada Sabtu (05/12/2020). Acara ini sebagai Penetapan dan Menandatangani UU No 01 Tentang Garis-garis Besar Haluan Kerja Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa atau GBHKO KBM-POLTESA Bersama Presiden Mahasiswa.

Beberapa Mahasiswa turut diundang dalam mengikuti Sidang Pleno ini, Yaitu Para Perwakilan HMJ, UKM serta FORUM yang mana mereka dapat menyuarakan Pendapat-Nya didalam GBHKO KBM-POLTESA. Draft Tata Tertib Sidang Pleno ini juga sudah diatur yaitu Tentang Peserta Sidang, Hak Suara, Kewajiban, dan Pengambilan Keputusan (Berdasarkan Musyawarah untuk Mufakat Jika dalam Pengambilan Keputusan pada point pertama tidak terpenuhi maka keputusan diambil berdasarkan lobiying, jika tidak terpenuhi juga maka akan dilakukan berdasarkan suara terbanyak (Voting). Didalam sidang ada dibagi menjadi Pimpinan Sidang Sementara Terdiri dari : (Fatur Yulanda Selaku Ketua DPM, Sirajudin Akbar Putra, Riza Kurniawan), dan Pimpinan Sidang Tetap Terdiri dari : (Arif Nurarifin, Izan, Reksidi).

Kegiataan ini digelar dengan Tujuan untuk Menetapkan dan Menandatangani UU No 01 Tentang GBHKO KBM-POLTESA Bersama Presiden Mahasiswa Irfan Rabbani. Dalam Sidangnya, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa, Fatur Yulanda Menyampaikan Bahwa “GBHKO KBM-POLTESA (Garis-garis Besar Haluan Kerja Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa) Dikeluarkan oleh DPM dan dirancang Bersama Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa yang ditujukan Kepada Organisasi Intra-Kampus Poltesa, Bertujuan agar Ormawa dapat Menjalankan Roda Organisasi dengan baik, dan terarah sesuai dengan Tupoksinya Masing-masing. Karena di dalam GBHKO ini Mencakup 4 Point yang dibahas : Yang Pertama Terkait Tata Kelola Organisasi, Kedua Kepanitiaan, Ketiga Administrasi, Keempat Mekanisme Persidangan. Harapan kami Kedepannya agar Seluruh Ormawa dapat Menjadikan GBHKO ini sebagai Acuan dan Pedoman dalam Menjalankan Organisasi”, Ujarnya.

Selain itu juga Selaku Pimpinan Sidang Tetap, Arif Nurarifin Menyampaikan Bahwa “Saat saya Menjadi Pimpian Sidang Pleno Pembahasan Mengenai UU GBHKO yang dilaksanakan Pada Tanggal 5 Desember 2020, Keadaan Ruang Sidang Pada Saat Pembahasan Draft GBHKO Pada Bab 1 Yaitu Tentang Tata Kelola Organisasi Sudah Terasa Agak Panas, Banyak Tanggapan Serta Opsi dalam Penambahan UU GBHKO yang disampaikan Oleh Para HMJ, UKM, serta Forum yang mana mereka Menyuarakan Pendapat Mereka didalam GBHKO KBM-POLTESA”, Ungkapnya.

Pada Kesempatan yang sama Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa, Fatur Yulanda Berharap GBHKO KBM-POLTESA ini dibuat Demi Mewujudkan KBM-POLTESA lebih baik kedepannya Sebagaimana Tertuang didalam Anggaran Dasar KBM-POLTESA Pasal 8 yang Berbunyi “KBM-POLTESA Bertujuan Mengusahakan Terwujudnya Mahasiswa yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berwawasan Luas, Cendikia, Tanggung Jawab serta Berkepedulian Sosial”. Pengembangan Segala Aspek Pengelolaan Organisasi Kemahasiswaan yang Tertuang didalam GBHKO ini Bertujuan Untuk Membentuk Kepengurusan KBM yang Tertib, Akademis, Berwawasan Luas dan Memiliki Tanggung Jawab Sebagai Pengurus Organisasi yang Dikelola. Maka dari itu, GBHKO KBM-POLTESA ini Dipersembahkan untuk Menjadi Pedoman dalam Menjalankan Roda Organisasi, sehingga dapat Menorah Hasil Karya yang Baik serta Bernilai. Dengan ini Saya Harapkan agar Kepengurusan KBM POLTESA menjadi lebih Solid lagi kedepan, Sebagaimana yang menjadi Jargon Bersama, Yakni KBM SOLID.

Pertumbuhan dan Perkembangan Organisasi Dilingkungan Politeknik Negeri Sambas akan Berhasil apabila Mendapat Dukungan dari Seluruh Mahasiswa. Dukungan Mahasiswa akan Berdampak Besar dikarenakan Mahasiswalah yang Melaksanakan Roda Organisasi sehingga dapat Menciptakan Pengelolaan Organisasi yang Tertib, Handal, dan Tangguh. Berdasarkan Garis-garis Besar Haluan Kerja Organisasi KBM-POLTESA diatas, maka : Menegaskan Kepada Seluruh Kepengurusan KBM-POLTESA Untuk Menjadikan Pedoman Ini Sebagai Acuan Dalam Pengelolaan Organisasi, GBHKO Ini Disesuaikan Dengan Keperluan Organisasi yang Tidak Bertentangan Terhadap AD/ART KBM-POLTESA.

Pelaksanaan Sidang Pleno Ini Berlangsung dengan Aman dan Tertib Karena Selalu Melakukan Penerapan Protokol Pencegahan Covid-19. Hal yang dilakukan dengan cara Mengatur Jarak Duduk, dan Mewajibkan Untuk Menggunakan Masker. Tetap Jaga kesehatan dan Semoga Kita Semua Senantiasa diberikan Kesehatan dan Keberkahan. (Sefti Rosanti/LPM Poltesa)