Hidupkan Nuansa Akademik: Mahasiswa Poltesa Gelar Seminar Online di Tengah Pandemi Covid-19

Hidupkan Nuansa Akademik: Mahasiswa Poltesa Gelar Seminar Online di Tengah Pandemi Covid-19

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) telah menerapkan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Poltesa, sesuai dengan Surat Edaran Direktur Politeknik Negeri Sambas tentang Antisipasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan Poltesa, dan Surat Edaran Direktur Poltesa tentang Perpanjangan Masa WFH dan SFH dilingkungan Poltesa.

Anjuran SFH tidak menyurutkan minat mahasiswa Poltesa dalam menghidupkan Nuansa Akademik meski di tengah Pandemi Wabah Covid-19. Dengan segala keterbatasan, mereka tetap ingin berkreasi dan melakukan elaborasi terhadap isu-isu kekinian. Semangat akademis mahasiswa Poltesa ini harus menjadi contoh yang baik, bahwa pada masa Pandemi ini kita tidak boleh hanya berdiam diri, manfaatkan segala potensi yang ada pada diri kita, terus berkarya dan melakukan hal positif. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Poltesa yang tergabung didalam Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Network Study Club (NETSUC) Poltesa.

NETSUC adalah Ormawa Poltesa yang konsen dibidang Sistem Operasi Komputer dan Perangkat Jaringan. Pergerakan Ormawa ini adalah untuk menghimpun mahasiswa yang memilki minat dalam Sistem Pengoperasian Komputer dan Jaringan, di sini mereka saling bertukar dan berbagi informasi seputar Jaringan dan Komputer.

Dalam menghadapi SFH pada masa Pandemi Covid-19 ini, NETSUC menggelar Seminar Online dengan Tema “Stop Hoax dan Bijak dalam Menggunakan Media Sosial Terhadap Pandemi Covid-19” pada Kamis, 16 April 2020, dengan Narasumber Ukkasyah Agus Setiawan (Physicologycal Counseling and Guide, Sakarya University, Turkey), dengan Moderator: Neneng Anjarwati, (Corporate Finance Accounting, Sambas of State Polytechnic).

Kegiatan Seminar Online ini menggunakan Fasilitas Grup WhatsApp, materi yang disampaikan oleh Narasumber meliputi tentang apa yang dimaksud dengan media sosial, ciri-ciri hoax, dan cara terhindar dari hoax. Setelah pemaparan materi, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi dan diskusi yang disampaikan adalah seputar isu hoax Pandemi Covid-19 yang sekarang banyak beredar di media sosial. Melalui diskusi ini, peserta dan narasumber sangat antusias dan aktif dalam diskusi, sehingga muncullah solusi bagaimana cara agar terhindar dari hoax Pandemi Covid-19, diantaranya adalah bijak dalam memanfaatkan internet, membudayakan membaca yang baik dan benar, dan jangan menyebarluaskan konten hoax.

Seminar online ini di ikuti oleh 257 orang peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari Sekolah Menengah Atas sampai pada Perguruan Tinggi. Selain dari mahasiswa Poltesa, para peserta lain yang terdaftar adalah dari Universitas Nasional, MAN IC Sambas, IAIN Pekalongan, UNIMA, dan Masyarakat Umum.

Semoga dengan terlaksananya Seminar Online ini, dapat memberikan semangat kepada seluruh masyarakat Kampus Poltesa dan menghidupkan kembali nuansa akademik ditengah Pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa Poltesa harus dapat menularkan semangat ini kepada seluruh masyarakat, kita tidak bisa berdiam diri, kita harus memiliki inisiatif untuk menyiasati persoalan Pandemi Covid-19 ini. (Humas Poltesa)

Close Menu