LSP Poltesa Sukses Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Asesor Kompetensi Angkatan I Bagi Dosen Poltesa

LSP Poltesa Sukses Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Asesor Kompetensi Angkatan I Bagi Dosen Poltesa

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) telah sukses menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Asesor Kompetensi (AsKom) Angkatan I bagi Dosen Poltesa, kegiatan yang dilaksanakan di Dangau Resort, Singkawang – Kalimantan Barat (Kalbar) mulai tanggal 16-20 Agustus 2021 itu berjalan baik dan lancar.

Menurut Ketua Panitia Budi Setiawan, S.T.,M.Sc, kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi AsKom ini berjalan lancar dan sukses berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara Panitia dan BNSP, sehingga LSP P1 Poltesa berhasil mengakomodir kegiatan selama lima hari tersebut dan mendatangkan Narasumber serta Penguji langsung dari BNSP, “Panitia LSP P1 Poltesa bekerja sangat maksimal, kami melakukan perencanaan dan persiapan yang cukup matang, mulai dari melakukan koordinasi dengan BNSP, sehingga BNSP mengirim para Master Asesor untuk memberikan Pelatihan dan Sertifikasi Asesor Kompetensi bagi Dosen Poltesa”, terangnya.

Narasumber dan Penguji dari BNSP yang hadir dalam kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Asesor Kompetensi Angkatan I bagi Dosen Poltesa:
1. Dra. Esti Wahyuni, M.Pd. yang juga merupakan satu-satunya Master Asesor BNSP yang berasal dari Kalbar (Pelatih)
2. Budiman Arief Lubis, S.Kom., MM. Master Asesor BNSP (Pelatih).
3. Ir. Edy Panggabean, Master Asesor BNSP (Penguji).
4. RR. Bernadetha Rosa Hartini. M, Master Asesor BNSP (Penguji).

Menurut Ketua LSP P1 Poltesa, Indra Mahyudi S, S.Pi., M.Si. Pelatihan dan Sertifikasi AsKom ini sangat penting bagi Poltesa, “LSP merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi yang berada dibawah naungan BNSP sebagai perpanjangan tangan BNSP untuk melakukan sertifikasi, terutama mahasiswa Poltesa yang merupakan Perguruan Tinggi Vokasi, agar pengakuan dari pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) itu lebih memuaskan”, jelasnya. Lebih lanjut Indra menjelaskan “Substansi kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi AsKom ini adalah membentuk Asesor Kompetensi yang bertugas sebagai Asesor dalam kegiatan Asesmen LSP P1 Poltesa”, terangnya.

Indra juga menyampaikan bahwa hampir semuanya peserta yang berasal dari Dosen Poltesa ini mengikuti kegiatan sampai selesai, “dari 24 orang Peserta Dosen hanya 1 orang yang tidak berhasil mengikuti sampai selesai karena sakit, dan 1 orang Peserta Dosen dinyatakan Belum Kompeten (BK)”, jelasnya.

Berikut nama-nama Asesor Kompetensi Poltesa yang direkomendasikan Kompeten Oleh BNSP:

A. Asesor Kompetensi Teknisi Akuntansi Ahli
1. Eko Febri Lusiono, S.E., M.Acc.
2. Suharman, S.E., M.M.

B. Asesor Bidang Jasa Pembuatan Barang-barang dari Logam Sub-bidang Pengelasan
1. Iman Syahrizal, S.T., M.T.
2. Ari Rianto, S.T., M.T.

C. Asesor Kompetensi Perancangan Mekanik Umum
1. Suhendra, S.T., M.Sc.
2. Diah Mahmuda, S.Pd., M.Sc.

D. Asesor Kompetensi Manager Pembesaran Ikan Catfish
1. Dewi Merdekawati, S.Pi., M.Si.
2. Saifullah, S.Pi., M.Si.
3. Indra Mahyudi. S, S.Pi., M.Si.
4. Maryono, S.Pi., M.Si

E. Asesor Kompetensi Asisten Kebun Kelapa Sawit
1. Ir. Sunardi, M.MA.
2. Heriyansah, S.TP., M.MA.
3. Sangkala, S.Si., M.Si.

F. Asesor Kompetensi Tata Graha (Housekeeping)
1. Tita Rosalina, S.Sos., M.Par.

G. Asesor Kompetensi Network Administrator Utama
1. Fathushahib, S.Kom., M.Kom.
2. Renol Burjulius, S.T., M.Kom.

H. Asesor Kompetensi Desainer Grafis Junior
1. Milda Surgani Firdania, S.T., M.T.
2. Maya Marselia, S.Pd., M.Kom.

I. Asesor Kompetensi Inspektur Keamanan Pangan
1. Angga Tritisari, S.T., M.M.
2. Junardi, S.P., M.Si.
3. Kiki Kristiandi, S.Pd., M.Si.
4. Andiyono, S.P., M.P., M.Sc.

Dengan suksesnya Pelatihan dan Sertifikasi AsKom Poltesa Angkatan I ini, Direktur Poltesa, Mahyus, S.Pd., S.E., M.M. mengucapkan selamat kepada Dosen Poltesa yang telah dinyatakan Kompeten sebagai Asesor Kompetensi oleh BNSP, “Selamat kepada para Dosen Poltesa yang telah dinyatakan Kompeten sebagai Asesor Kompetensi oleh BNSP, saya berharap dengan adanya para Asesor Kompetensi ini LSP P1 Poltesa segera teregistrasi dan terlisensi secara resmi, sehingga Kompetensi Mahasiswa Poltesa segera mendapatkan pengakuan dari BNSP sebagai sertifikasi keahlian pendamping ijazah mahasiswa”, harapnya.

Lebih lanjut, Direktur juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari panitia LSP P1 Poltesa, para peserta yang hadir, dan juga terimakasih yang tak terhingga kepada para Narasumber dan Penguji dari BNSP, karena atas kerjasama dan bimbingan BNSP, sehingga LSP P1 Poltesa dapat bergerak sejauh ini”, ungkapnya.