Mahasiswa Poltesa Kembali Raih Gelar Juara dalam Acara Lomba Deskripsi Museum Sambas

Mahasiswa Poltesa Kembali Raih Gelar Juara dalam Acara Lomba Deskripsi Museum Sambas

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) kembali meraih gelar juara dalam acara lomba Deskripsi Koleksi Museum daerah Kabupaten Sambas yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sambas (Pemkab Sambas), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mulai dilaksanakan tanggal 20 September 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021.

Adapun mahasiswa Poltesa yang berhasil meraih juara dalam lomba ini adalah ;
1. Zahariah dan Wahyudiansyah mendapat juara 1 dalam Lomba Deskripsi Koleksi Museum.
2. Burhanudin dan Christina Josephene O.A mendapat juara 3 dalam Lomba Deskripsi Koleksi Museum.
3. Umi Zeda dan Fenny Ismiyati mendapat juara harapan 1 dalam Lomba Deskripsi Koleksi Museum.

Zahariah mahasiswi Poltesa Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) kelas 5B selaku Juara Pertama dalam kegiatan Lomba Deskripsi Koleksi Museum ini mengatakan, “saya tertarik untuk mengikuti lomba deskripsi museum ini karena saya juga tertarik dengan benda-benda pada zaman dahulu, selain itu saya mempunyai rasa penasaran yang tinggi seperti dari mana benda itu berasal, “jelasnya.

Zahariah juga membagikan triknya dalam meraih juara, “adapun trik untuk mendapatkan juara adalah kita harus yakin, optimis, dan usaha. Tidak usah takut kalah, tanamkan dalam fikiran bahwasannya kalah menang itu hal yang biasa didalam perlombaan. Perasaan saya sangat senang bercampur haru setelah dinyatakan sebagai juara, karena usaha tidak menghianati hasilNurhafiz, “ungkapnya.

Lebih lanjut Zahariah menyatakan bahwa “harapan dan pesan saya dengan adanya lomba ini semoga dapat memicu keinginan anak-anak muda baik itu untuk berpartisipasi maupun untuk lebih ingin mengetahui benda-benda yang ada di museum daerah Kabupaten Sambas, dan semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi, “terangnya.

Hikmah Trisnawati, S.Ant., M.Par selaku Juri dalam Lomba Deskripsi Koleksi Museum mengatakan,” Pertama acara Lomba Deskripsi Koleksi Benda Museum ini sebenarnya dilakukan karena bertepatan dengan memperingati hari Museum Nasional. Jadi pemerintah Kabupaten Sambas terutama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan beberapa pameran sekaligus juga mengisikan beberapa lomba, jadi salah satu kegiatannya adalah Deskripsi Koleksi Benda Museum. Yang kebetulan koleksi benda museum kita itu masih belum terlalu banyak, dan mereka berharap output dari kegiatan ini memang setiap tahunnya hasil dari deskripsi tersebut dicetak dijadikan sebuah booklet atau buku sehingga itu akan sangat bermanfaat untuk khalayak ramai untuk mengetahui benda-benda bersejarah serta membuat interest bagi para generasi muda untuk berkunjung ke museum, “jelasnya.

Lebih lanjut Hikmah menjelaskan, “untuk cangkupan acara kali ini ada beberapa lomba khusus untuk deskripsi koleksi museum karna hasilnya akan di booklet-kan, referensinya harus jelas, wawancaranya harus pada sumber yang akurat sehingga itu memang dikhususkan untuk kalangan mahasiswa saja. Namun ada beberapa lomba lainnya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak TK dan lomba melukis untuk anak SMP atau SMA dan sebagainya, “jelasnya.

Nur Astri Fatiha, S.T.,M.T selaku Koordinator Prodi MBP mengatakan,” Perasaan saya pasti senang ketika mendengar mahasiswa saya mendapat juara pada acara lomba deskripsi museum ini, dan bangga karena kita mewakili Poltesa Alhamdulillah mendapatkan 3 juara. Dan mereka memang kami dorong untuk mengikuti banyak lomba, tidak hanya lomba lokal tapi juga Nasional dan Internasional, “ungkapnya.

Nur Astri berpesan “untuk mahasiswa MBP khususnya dan Poltesa umumnya ikuti saja apapun kesempatan yang ada. Apakah itu lomba, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, maupun pelatihan-pelatihan apapun itu diikuti karna kesempatan itu datang karna adanya mahasiswa, dan mahasiswa harus terbuka dalam mencari pengalaman, “pesannya.