Perkuat Kerjasama Kelembagaan Poltesa Laksanakan Penandatanganan MoU dengan Antara Kalbar

Perkuat Kerjasama Kelembagaan Poltesa Laksanakan Penandatanganan MoU dengan Antara Kalbar

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kabupaten Sambas, Poltesa memiliki 3 (Jurusan) dan 9 (Sembilan) Program Studi (Studi). Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Prodi Teknik Mesin, dan Prodi Teknik Mesin Pertanian, Jurusan Agrobisnis terdiri dari Prodi Agribisnis, Prodi Agribisnis Perikanan dan Kelautan, Prodi Agroindustri Pangan, dan Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata, Jurusan Manajemen Informatika terdiri dari Prodi Manajemen Informatika, Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan, Prodi Teknik Multimedia. Dengan banyaknya Prodi yang ada di Poltesa, maka diperlukan kerjasama dengan semua pihak. Pada hari Rabu (07/04/2021) Poltesa melakukan Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kantor Berita Antara Kalimantan Barat (Kalbar) yang dilaksanakan di Aula Direktorat Poltesa. Kerjasama antar kelembagaan ini dibuat dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Tinggi di Poltesa, karena saat ini Perguruan Tinggi Vokasi seperti Poltesa memerlukan kerjasama sebanyak-banyaknya dengan pihak luar, seperti Kantor Berita Antara yang merupakan salah satu Perusahaan Umum Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hal ini dilakukan untuk mengembangkan Prodi, baik melalui program magang, ataupun program Dosen Tamu dari Industri dan Perusahaan.

Dalam sambutannya Direktur Poltesa, Mahyus menjelaskan informasi seputar Kampus Poltesa, kemudian Direktur mengungkapkan kebahagian dan rasa terimakasih kepada Pihak Antara Kalbar karena telah bersedia untuk bekerja sama dengan Poltesa, Direktur juga menjelaskan bahwa Poltesa itu memerlukan kerjasama, tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. “Kami menganggap bahwa kami ini tidak bisa bekerja sendiri, kami memerlukan kerjasama dengan semua pihak, agar terjadi evaluasi dan peningkatan terhadap pengelolaan kami. Kami juga terus mencari keterhubungan dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan Program Studi yang ada di Poltesa. Selain itu, kami juga berharap mendapatkan feedback terkait kekurangan dan kelemahan kami, karena bagaiamana pun indikator keberhasilan kami itu tidak dinilai dari berapa yang lulus, tetapi indikator itu diukur berdasarkan berapa lulusan kami yang benar-benar bisa bekerja, dan dapat berguna bagi instansi/lembaga tempatnya bekerja, lebih tepatnya para lulusan Poltesa harus memiliki kompetensi yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. Kami juga perlu untuk tindak lanjut teknis realisasi kerjasama, siapa mengerjakan apa, untuk action plan kedepannya, kami harap kerjasama dengan Kantor Berita Antara Kalbar ini dapat berlanjut dan berkontribusi bagi pengembangan kedua belah pihak, dan kemajuan pendidikan di daerah Perbatasan Negara Indonesia – Malaysia”, harapnya.

Foto : Kegiatan Penandatangan MoU Poltesa dan LKBN Antara Kalbar dihadiri Dosen Poltesa dan Rombongan dari Kantor Berita Antara Kalbar

Kepala Biro LKBN Antara Biro Kalbar, Teguh Imam Wibowo menyatakan bahwa ia kerap berdiskusi dengan dosen-dosen Poltesa, ia melihat Poltesa itu seperti bintang yang belum terlalu bersinar, karena banyak kelebihan dan keunggulan Poltesa yang belum terpublikasi dengan baik, selain itu Kabiro juga menjelaskan tentang seputar informasi Kantor Berita Antara Kalbar. “Kantor Berita Antara memiliki banyak cabang, sehingga informasi yang dikeluarkan melalui Kantor Berita Antara memiliki Akses yang luas”, jelasnya. Lebih lanjut, Kabiro menyatakan bahwa Poltesa memiliki banyak keunggulan, apalagi letak Poltesa yang berada di wilayah Perbatasan antar negara, namun saya melihat masih banyak kelebihan dan keunggulan Poltesa yang belum terkespose keluar, sehingga masyarakat belum mengetahui secara persis kelebihan yang dimiliki oleh Poltesa”, jelasnya.

Kabiro Antara Kalbar juga menjelaskan tentang kekagumannya terhadap mahasiswa Poltesa yang magang di Kantor Berita Antara, “kami cukup puas dengan capaian mahasiswa Poltesa yang magang di Kantor Berita Antara, mereka mudah beradaptasi dan cepat dalam menafsirkan perintah yang kami berikan, mahasiswa Poltesa sudah cukup baik dalam pengemasan berita. Kami mengajarkan pendekatan untuk melatih mahasiswa agar dapat mengeksplore kelebihan mereka. Ketika mereka sudah siap dan mapan, mereka sudah memiliki kemampuan lebih, dapat membuat konten. Kami melihat, dari kemampuan yang sudah mereka dapatkan dari Poltesa, mereka hanya perlu dipoles, maka mereka akan siap untuk kerja”, ungkapnya.

Penandatangan MoU ini merupakan komitmen bersama kedua belah pihak untuk bekerjasama dan berkolaborasi untuk membangun bangsa dengan menciptakan SDM unggul. Kesepakatan yang telah dibangun kedua belah pihak menunjukkan respon kepedulian yang sangat besar terhadap kemajuan dunia pendidikan, terutama pendidikan di daerah Perbatasan Negara. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dan berjalan dengan baik. (Humas Poltesa)