PKM Dosen Poltesa Pecahkan Masalah Kekeringan Lahan di Musim Kemarau

PKM Dosen Poltesa Pecahkan Masalah Kekeringan Lahan di Musim Kemarau

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Poltesa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat pada musim kemarau. Para Dosen Poltesa ini membuat sebuah alat Irigasi Pompa Tenaga Surya yang telah berhasil dilakukan uji coba di Desa Jagur, Sambas, pada Senin (12/10/2021).

Menurut Ketua Kelompok Tani Gantang Mas, Budianto, S.P., “sebelum adanya inovasi alat Irigasi Pompa Tenaga Surya yang dibuat oleh Dosen Poltesa ini, masyarakat Desa Jagur yang tergabung di dalam Kelompok Tani Gantang Mas sering mengalami masalah kekeringan lahan, sehingga hasil Panen menurun, ” keluhnya.

Lebih lanjut Budianto berharap bahwa “alat Irigasi ini nantinya dapat membantu petani disaat memasuki musim kemarau, sehingga tanaman kami seperti Jagung, Jambu Kristal, Jahe, Semangka, Jeruk, Kopi dan Pisang ini dapat tumbuh maksimal, terhindar dari kekeringan dan kami memperoleh hasil panen yang melimpah, ” harapnya.

Ketua Tim Program PKM, Daud Perdana, S.T., M.T., menjelaskan bahwa “solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Penerapan Teknologi Sistem Irigasi Pompa dengan memanfaatkan energy surya untuk memompakan air ke dalam Tendon Penampungan dan kemudian di alirkan ke sistim pemipaan secara gravitasi guna menyiram tanaman saat musim kemarau, “jelasnya.

Daud juga menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam proses penyiraman tanaman pada saat musim kemarau, ” inovasi yang kami lakukan ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan bagi petani untuk melakukan penyiraman tanaman pada saat musim kemarau datang, program pengabdian ini meliputi pemasangan instalasi pompa dan perpipaan untuk irigasi, serta pendampingan dan pelatihan tentang cara pemasangan, pengoperasian, dan perawatan alat irigasi, “ungkapnya.

Daud berharap, ” semoga Kelompok Tani Gantang Mas dapat memaksimalkan Penerapan Sistem Irigasi Pompa Tenaga Surya ini, sehingga Kelompok Tani Gantang Mas dapat menjadi kebun percontohan yang telah berhasil menerapkan sistem pertanian modern dengan irigasi tenaga surya untuk meningkatkan hasil panen tanaman perkebunan masyarakat, “harapnya.

Adapun Tim Pelaksana dalam PKM Penerapan Sistem Irigasi Pompa Tenaga Surya di Desa Jagur dengan Mitra Kelompok Tani Gantang Mas adalah:

1. Ketua Pengusul : Daud Perdana, S.T., M.T.
2. Anggota : Iman Syahrizal, S.T. M.T.
3. Anggota : Erik Darmansyah, S.P., M.MA.
4. Tim Pendukung : Kurniawan (Mahasiswa Poltesa)
5. Tim Pendukungnya : Fitri (Mahasiswa Poltesa)