Poltesa Gelar Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Gedung Bengkel Dari Balai Prasarana Permukiman Kalbar

Poltesa Gelar Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Gedung Bengkel Dari Balai Prasarana Permukiman Kalbar

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Gelar Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Gedung Bengkel Poltesa Dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke Satker Poltesa, yang dilaksanakan di Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Barat Gedung PIP2B – Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Bansir Darat, Kec.Pontianak Tenggara Pontianak, Kalimantan Barat Pada Kamis (03/12/2020).

Beberapa Tokoh Penting Ikut Serta Memberikan Sambutan dalam Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Gedung Bengkel Poltesa Tahun ini Baik Secara Langsung Ataupun Secara Via zoom, yang Hadir Secara Langsung yaitu:

1. Kepala Balai PPW Kalimantan Barat Deva Kurniawan Rahmadi, ST.,M.Sc Beserta Jajarannya
2.Direktur Poltesa Mahyus, S.Pd.,SE.,MM
3. Wakil Direktur I Poltesa Andiyono, MP.,M.Sc
4. Ketua Jurusan Teknik Mesin Budi Setiawan, ST.,M.MA
5. Ketua Jurusan Manajemen Informatika
U. Heri Mulyanto, S.T.,M.Kom

Sedangkan yang Hadir Via Zoom yaitu:
1. Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR-RI Iwan Suprijanto, ST.,MT
2. Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemendikbud Dr. Benny Bandanadjaya, ST.,MT
3.Pjs. Bupati Sambas Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si.

Pelaksanaan Serah Terima Pengelolaan Sementara Bengkel Poltesa ini Berlangsung dengan Aman dan Tertib Karena Selalu menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19. Hal yang dilakukan dengan Cara Mengatur Jarak Duduk dengan Jarak 1.5 Meter / Orang, dan Mewajibkan untuk Menggunakan Masker dan Sarung Tangan.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR-RI Iwan Suprijanto, menyampaikan ucapan selamat atas serah terima pengelolaan sementara Gedung Bengkel Poltesa ini, “kami mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan serah terima Gedung Bengkel Poltesa, kami juga berharap agar Gedung ini segera digunakan dan dirawat dengan baik, sehingga bermanfaat bagi mahasiswa Poltesa”, harapnya.

Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kemendikbud Dr. Benny Bandanadjaya juga menyampaikan selamat atas serah terima Gedung Bengkel Poltesa, beliau juga menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR-RI karena dedikasi dalam membangun negeri, “Selamat kepada Poltesa, semoga serah terima dan penggunaan Gedung Bengkel ini dapat menambah kualitas pendidikan di Poltesa, kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian PUPR-RI karena telah maksimal dalam membangun negeri, sudah banyak kontribusi PUPR terhadap pembangunan di kawasan Pendidikan, kami rasa Kerjasama Lintas Kementerian ini harus selalu terjalin demi memajukan kualitas hidup masyarakat”, harapnya.

Pjs. Bupati Sambas Syarif Kamaruzaman, menyampaikan bahwa “sejak pertama saya Menginjakkan Kaki ke Sambas sebagai Pjs Bupati Sambas, Tempat Pertama yang Saya Kunjungi Adalah Poltesa, Hal ini Saya lakukan Karena Saya Merasa Bahwa Perguruan Tinggi Memiliki Andil yang Besar dalam Pembangunan Daerah, Untuk itu Saya Melakukan Pendekatan dengan Beberapa Perguruan Tinggi dan Akademisi yang ada di Sambas. Setelah Melihat Poltesa, Saya yakin Kampus ini akan Tumbuh Menjadi Kampus yang Besar, Kampus yang Terkenal, dan Kampus yang kedepannya dapat Membawa Kesejahteraan Bagi Masyarakat Kabupaten Sambas. Karena Seluruh Program Studi yang ada di Poltesa Sangat Relevan dengan Kebutuhan dan Potensi yang ada di Kabupaten Sambas. Apalagi Setelah Dibangun Gedung Bengkel, Gedung Kuliah Terpadu II, dan Rumah Susun di Politeknik Negeri Sambas, Melihat Hal Ini Saya Semakin Yakin Jika Poltesa dapat Maju dan Berkembang dengan Dukungan dari Seluruh Unsur Masyarakat”, Ujarnya.

Lebih lanjut, Pjs. Bupati Sambas menyampaikan bahwa “kami turut bahagia dan Sangat Bangga dengan Pembangunan-pembangunan yang ada di Poltesa, Sudah Semestinya Masyarakat Sambas Merasa Bangga dengan Kehadiran Poltesa di Kabupaten Sambas, Poltesa Semakin Hari Semakin Berkembang dan Semakin Maju. Ini Terlihat dari Pembangunan yang Terus Berlangsung di Poltesa, Sepengetahuan Saya Ada 3 Gedung yang Sedang dibangun di Poltesa Pada Tahun 2020 ini Yaitu, Gedung Bengkel Poltesa, Gedung Kuliah Terpadu II, dan Rumah Susun Poltesa. Kemarin Kami Bersama Kementerian PUPR, Beserta Keluarga Besar Poltesa, dan juga Unsur Masyarakat Melaksanakan Acara Ground Breaking atau Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Politeknik Negeri Sambas Tahun 2020-2021”, jelasnya.

Direktur Poltesa, Mahyus menyampaikan rasa syukur dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang terlibat dalam acara serah terima pengelolaan sementara dan Pembangunan Gedung Bengkel Poltesa, “kami sangat bersyukur atas pembangunan gedung bengkel di Poltesa, gedung bengkel ini akan kami kelola dan kami fungsikan untuk kepentingan praktikum dan kepentingan masyarakat, kami juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian PUPR, dan seluruh pihak yang terlibat dan mendukung pembangunan gedung bengkel Poltesa”, terangnya.

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Merupakan Satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kabupaten Sambas, dan Terletak di Wilayah Perbatasan Antara Republik Indonesia dan Malaysia. Sejak Berdiri Tahun 2008 Sampai Sekarang, Politeknik Negeri Sambas Memiliki 3 (Tiga) Jurusan dan 9 (Sembilan) Program Studi, Diantaranya :
1. Jurusan Agribisnis :
– Prodi D-III Agrobisnis
– Prodi D-IV Agroindustri Pangan
– Prodi D-IV Agrobisnis Perikanan dan Kelautan – Prodi D-IV Manajemen Bisnis Pariwisata
2. Jurusan Teknik
Mesin :
– Prodi D-III Teknik Mesin
– Prodi D-IV Teknik Mesin Pertanian
3. Jurusan Manajemen Informatika :
– Prodi D-III Manajemen Informatika
– Prodi D-IV Teknik Multimedia
– Prodi D-IV Akuntansi Keuangan Perusahaan

Poltesa Adalah Perguruan Tinggi Vokasi yang Menerapkan Sebagian Besar Praktikum Dalam Proses Belajar Mengajar di Kampus, Untuk Mendukung itu Maka Diperlukan Gedung Bengkel Beserta Sarana dan Prasarana Pendukung Untuk Kegiatan Praktikum Tersebut. Adapun Gedung Bengkel Tersebut Meliputi :

1. Gedung Bengkel Mesin Pertanian (T. Mesin)
2. Gedung Bengkel Perakitan Teknik Mesin
3. Gedung Bengkel Otomotif (Teknik Mesin)
4. Gedung Bengkel Las (Teknik Mesin)
5. Gedung Bengkel Handycraft (Man. Bisnis Pariwisata)
6. Gedung Bengkel Pengolahan Pakan (Perikanan)

Direktur Poltesa berharap dengan selesainya Pembangunan Gedung Bengkel Poltesa ini, aktifitas praktikum dan proses pembelajaran di Kampus menjadi semakin aktif dan produktif, sehingga dapat membawa kebermanfaatan bagi kehidupan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Sambas. (Sefti Rosanti/LPM Poltesa)