Poltesa Gelar Wisuda Tahun Akademik 2019/2020 Di Kampus Dengan Protokol Pencegahan Covid-19

Poltesa Gelar Wisuda Tahun Akademik 2019/2020 Di Kampus Dengan Protokol Pencegahan Covid-19

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) gelar Upacara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Diploma D-III Angkatan ke-X, dan Wisuda Program Sarjana Terapan D-IV Angkatan ke-III Tahun Akademik 2019/2020, yang dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu Kampus Poltesa pada Sabtu (14/11/2020). Wisuda tahun ini telah tercatat dalam sejarah Poltesa, karena tahun ini perdana pelaksanaan upacara wisuda di Kampus.

Beberapa Tokoh Nasional ikut serta memberikan sambutan secara daring dalam wisuda Poltesa tahun ini, yaitu Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, S.T.,M.Sc.,Ph.D , Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH.,M.Hum, dan Pjs. Bupati Sambas Dr. Syarif Kamaruzaman.,M.Si.

Dalam sambutannya, Dirjen Pendidikan Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto menyampaikan bahwa “kelulusan dan IPK yang tinggi bukan merupakan puncak dari sukses namun awal dari kehidupan yang sebenarnya. “lulus bukan puncak sukses, tetapi merupakan awal dari kehidupan yang sebenarnya, IPK bukan awal dari segalanya tetapi soft skill yang menjadi prioritas utama”, ujarnya.

Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Sutarmidji dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada para wisudawan dan para alumni Poltesa agar dapat terus mengasah kemampuan dan kreatifitas untuk kemajuan pembangunan di Kalimantan Barat, “kepada para wisudawan-wisudawati agar dapat terus melakukan peningkatan kemampuan dan kompetensi dengan belajar dan kreativitas, serta inovasi untuk meningkatkan pembangunan di Kalimantan Barat”, jelasnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sambas, Pjs. Bupati Sambas, Bapak Syarif Kamaruzaman merasa bangga dan turut berbahagia, karena melihat para lulusan Poltesa yang siap berkontribusi, dan berperan bagi kemajuan Kabupaten Sambas, ” Saya merasa sangat bangga dan turut berbahagia, karena dihadapan kita sekarang ada wajah-wajah cerah para lulusan Poltesa yang siap berkontribusi, dan berperan bagi kemajuan Kabupaten Sambas, Poltesa dan Pemkab Sambas harusnya senantiasa bekerjasama dalam berbagai bidang, baik itu di bidang pendidikan, pembangunan, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat, saya melihat banyak hal yang dapat diselesaikan oleh Poltesa, maka Pemkab Sambas sesungguhnya akan sangat terbantu dengan keberadaan Poltesa dan Perguruan Tinggi lain yang ada di Sambas”, ujarnya. Lebih lanjut, Pjs Bupati Sambas juga menyatakan dukungannya kepada Poltesa, “kami siap mendukung kemajuan Poltesa, untuk itu saya berpesan kepada para pimpinan dan sivitas akademika agar tidak usah sungkan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemkab Sambas, saya berharap Poltesa dan Pemkab Sambas dapat berkolaborasi untuk menguatkan kemajuan Sambas”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltesa, Mahyus menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua wisudawan karena Poltesa tidak mengundang orang tua wisudawan tahun ini, “saya mewakili seluruh keluarga besar Poltesa menyampaikan permohonan maaf karena tidak mengundang orang tua wisudaan-wisudawati tahun ini, karena sekarang kita tengah berada di masa pandemi, selain itu Direktur juga menyampaikan ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dirjen Pendidikan Vokasi, Gubernur Kalimantan Barat, dan Pjs. Bupati Sambas karena telah berkenan menyampaikan sambutan pada acara wisuda Poltesa Tahun Akademik 2019/2020, “kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para tokoh yang memberi sambutan pada acara wisuda tahun ini, pesan yang disampaikan oleh Bapak Wikan Sakarinto, Bapak Sutarmidji, dan Bapak Syarif Kamaruzaman merupakan motivasi bagi kita semua, khususnya motivasi bagi seluruh wisudawan yang berbahagia pada hari ini, saya juga ingin berpesan kepada seluruh wisudawan dan para alumni Poltesa bahwa Kunci Sukses adalah Berusaha dan Berdoa, Tidak Boleh ditinggalkan salah satunya”, pesannya.

Pada Tahun Akademik 2019/2020 ini Poltesa berhasil mencetak lulusan Sebanyak 313 orang dari berbagai Program Studi (Prodi), dengan rincian:

1. Program Diploma III, jumlah lulusan 131 orang:
a. Program Studi Agrobisnis 51 Lulusan;
b. Program Studi Manajemen Informatika 47 Lulusan, dan
c. Program Studi Teknik Mesin 33 Lulusan.
Rata-rata masa studi lulusan Program Diploma III adalah 3,02 Tahun dan rata-rata IPK 3,28.

2. Program Diploma IV, jumlah lulusan 180 orang :
a. Program Studi Agribisnis perikanan dan Kelautan 17 lulusan;
b. Program Studi Agroindustri Pangan 41 Lulusan;
c. Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata 33 Lulusan;
d. Program Studi Teknik Multimedia 42 lulusan;
e. Program Studi Akuntansi Keuangan Perusahaan 53 lulusan, dan
f. Program Studi Teknik Mesin Pertanian 2 Lulusan.
Rata-rata masa studi lulusan Program Diploma IV adalah 4,01 Tahun dan rata-rata IPK 3,51.

Jumlah Wisudawan yang diwisuda Tahun ini sebanyak 319 orang, dengan rincian sebanyak 311 orang merupakan lulusan tahun ini dan 8 orang merupakan lulusan tahun sebelumnya yang tidak dapat melaksanakan wisuda tahun 2019 karena sedang menjalani program magang di Jepang.

Pelaksanaan wisuda tahun ini dilaksanakan di dalam Kampus Poltesa, karena situasi Pandemi, Panitia Wisuda Poltesa membuat acara wisuda ini menjadi 2 (dua) sesi , sesi pertama untuk Program Sarjana Terapan D-IV dan sesi ke dua untuk Program Diploma III, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan orang pada saat pelaksanaan wisuda, selain itu Panitia Wisuda juga tidak mengundang orang tua wisudwawan, penerapan protokol pencegahan Covid-19 juga dilakukan didalam ruang upacara wisuda dengan cara mengatur jarak duduk wisudawan dengan jarak 1.5 meter/orang, dan mewajibkan wisudawan menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan. Penerapan standar protokol pengecekan suhu tubuh terhadap para wisudawan yang masuk ke kampus juga dilakukan oleh panitia wisuda. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan.
========================
Narasi by: Desy Cahyaningrum/Sefti Rosanti. LPM Poltesa