Poltesa Sukses Gelar Percobaan Test TOEIC Berbasis Digital Tahun 2020

Poltesa Sukses Gelar Percobaan Test TOEIC Berbasis Digital Tahun 2020

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) sukses melakukan percobaan test TOEIC (Test of English for International Communication) berbasis digital bagi mahasiswa semester akhir Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan di Gedung Lab Komputer Poltesa pada hari Minggu (20/09/2020). Jadwal test ini ditentukan oleh UPT Bahasa yang dimulai sejak pertengahan September 2020. Model test ini berbasis digital, dimana para peserta mengisi identitasnya masing-masing. Kegiatan ini berlangsung hanya 1 hari, dimana peserta didik berasal dari semua Jurusan dan peserta test tidak ditentukan jumlahnya tergantung jumlah mahasiswa yang akan tugas akhir. Menurut ketua UPT Bahasa, Narti Prihatini bahwa “Percobaan test TOEIC Poltesa tahun 2020 ini menggunakan sistem online yang dimana semua proses berjalan dengan baik dan lancar”, ujarnya.

Poltesa memang sudah menyiapkan perencanaan ini dari jauh hari, tim test TOEIC Poltesa bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) dengan menyiapkan spesifikasi komputer yang mampu mendukung test TOEIC ini. Menurut Ka. UPT TIK, Ahmad Ridho, “Kelebihan penggunaan digital atau online ini bertujuan agar test dilakukan lebih efektif dalam pendataan dan scoring yang terhubung melalui internet maka rekapitulasi hasil test akan dapat cepat diproses dan untuk komputer Poltesa masih mampu mendukung operasional aplikasi dan sistem kerja jaringan tersebut”, jelasnya.

Pelaksanaan test TOEIC tahun 2020 ini mendapatkan partisipasi seluruh mahasiswa karena hal ini wajib dan menjadi salah satu syarat kelulusan, mahasiswa juga akan mendapatkan sertifikat berdasakan hasil testnya masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga dapat meningkatkan skill dalam berbahasa asing dalam bidang listening dan reading. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti jalannya test. Proses test pun berjalan lancar, para peserta juga terlihat menguasai alur test. Tim test TOEIC Poltesa sudah mempersiapkan segala sesuatunya demi kenyamanan dan kelancaran test tahun ini, pendaftaran dilakukan melalui via online google form yang langsung terdata oleh UPT Bahasa atau bisa info langsung ke instagram UPT Bahasa di @poltesa_lc, sehingga para peserta mendapatkan kemudahan mengakses informasi tersebut.

Pelaksanaan test TOEIC tahun ini digelar ditengah situasi Pandemi, Pemerintah Pusat menghimbau agar seluruh instansi menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Untuk itu, Poltesa juga menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan test TOEIC Tahun ini, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan di pintu-pintu masuk, wajib menggunakan masker, dan juga menerapkan sosial/physical distancing dengan mengatur jarak duduk peserta test TOEIC. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama, dan alhamdulillah seluruh peserta mengikuti aturan protokol dan sudah dianggap sehat dan dapat melakukan test TOEIC sampai selesai. (LPM Poltesa/Humas Poltesa)