Poltesa Sukses Gelar UTBK Perdana Seleksi Jalur Mandiri Tahun 2020

Poltesa Sukses Gelar UTBK Perdana Seleksi Jalur Mandiri Tahun 2020

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Pelaksanaan Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta pendaftar Jalur Seleksi Mandiri pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan di Gedung Lab Komputer Poltesa pada hari Kamis (6/08/2020). Pelaksanaan UTBK dalam PMB Poltesa merupakan pelaksanaan UTBK perdana yang dilakukan Poltesa. Model UTBK ini menggunakan sistem online, dimana para peserta diberi username dan password untuk login ke halaman soal. Menurut Ketua Panitia PMB Poltesa Tahun 2020, Hendrick Pramana bahwa “Pelaksanaan UTBK perdana dalam PMB Poltesa Tahun 2020 ini menggunakan sistem online dan kami senang semua proses berjalan lancar dan sukses”, ujarnya.

Poltesa memang melakukan persiapan dari jauh hari sebelumnya, tim PMB Poltesa berkerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) menyiapkan 5 Lab Komputer dengan Spesifikasi Komputer yang mampu mendukung UTBK ini. Menurut Ka. UPT TIK, Ahmad Ridho, “untuk pelaksanaan UTBK Lab Komputer Poltesa masih mampu mendukung operasional aplikasi dan sistem kerja jaringan tersebut, bahkan biasanya Pemda Sambas juga menggunakan Lab Poltesa untuk pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) CPNS”, tandasnya.

Pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini mendapatkan partisipasi pendaftar sebanyak 186 orang. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti jalannya UTBK. Proses tes pun berjalan lancar, para peserta juga terlihat menguasai alur UTBK yang di sampaikan oleh panitia. Tim PMB Poltesa sudah mempersiapkan segala sesuatunya demi kenyamanan dan kelancaran UTBK tahun ini, mulai dari mempersiapkan administrasi, Lab, sampai dengan membuat denah lokasi tes dan denah ruangan pelaksanaan UTBK yang kesemuanya di publish di website dan media sosial resmi Poltesa, sehingga para peserta mendapat kemudahan mengakses informasi tersebut.

Pelaksanaan UTBK tahun ini digelar ditengah situasi Pandemi, Pemerintah Pusat menghimbau agar seluruh Instansi menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19. Untuk itu, Poltesa juga menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan UTBK tahun ini, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan di pintu-pintu masuk, menyiapkan masker, dan juga menerapkan social/physical distancing dengan mengatur jarak duduk peserta tes UTBK. Tim PMB menjelaskan bahwa Poltesa berkomitmen untuk menjalankan arahan dari Pemerintah Pusat terkait penerapan Protokol Pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus. Untuk itu, kami mempersiapkan segala sesuatunya demi menjaga kesehatan kita bersama, dan Alhamdulillah seluruh peserta dianggap sehat dan dapat melakukan tes UTBK sampai selesai. (Humas Poltesa)