Poltesa Terima Audiensi Masyarakat Desa Sebayan

Poltesa Terima Audiensi Masyarakat Desa Sebayan

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) terima Audiensi masyarakat dan Pemerintah Desa Sebayan terkait pelaksanaan pembangunan di lingkungan Politeknik Negeri Sambas Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Rapat Direktorat Poltesa pada hari Jum’at (2/10/2020). Audiensi ini dihadiri oleh Kepala Desa Sebayan dan Perangkat Desa Sebayan, Babinkamtibmas Desa Sebayan (Unsur Anggota TNI Sambas dan Kepolisian Resort Sambas), Pihak Pelaksana Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Terpadu II Poltesa Tahun 2020, Ketua Tim SBSN Poltesa, Direktur Poltesa dan Unsur Pimpinan Poltesa.

Aspirasi masyarakat Desa Sebayan pada kesempatan ini disampaikan langsung oleh Kepala Desa Sebayan, Al Insan “bahwa kurangnya komunikasi dan koordinasi dari pihak pelaksana pembangunan di Poltesa dengan masyarakat dan Pemerintah Desa Sebayan, Pihak pelaksana pembangunan belum sepenuhnya menyerahkan data pekerja proyek baik yang menetap di Camp Proyek Poltesa ataupun data pekerja proyek yang menetap sementara di wilayah Desa Sebayan, Data pekerja proyek yang belum diserahkan kepada pihak Desa Sebayan, Kekhawatiran masyarakat terhadap potensi dampak sosial dan kedatangan tamu/orang luar pekerja proyek pembangunan di Poltesa, Masyarakat meminta jaminan kepada pihak pelaksana pembangunan di Poltesa dapat memastikan bahwa seluruh pekerja proyek pembangunan bebas dan aman dari Covid-19, Masyarakat meminta agar pihak pelaksana proyek dapat melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Terkait aspirasi yang disampaikan masyarakat tersebut, ada 3 Tanggapan yang disampaikan oleh pihak-pihak yang terkait di dalam pembangunan Poltesa: yang pertama, pihak pelaksana proyek pembangunan bahwa “Pihak pelaksana proyek pembangunan di Poltesa akan segera melengkapi data pekerja dan memberikannya kepada Pemerintah Desa Sebayan, Untuk memberikan jaminan kesehatan maka pihak pelaksana proyek pembangunan akan menghubungi Dinkes Sambas terkait Test Covid-19 bagi para pekerja proyek, Pihak manajemen proyek akan selalu menghimbau para pekerja proyek untuk beradaptasi dengan adat dan kebiasaan masyarakat setempat, Pihak manajemen proyek pembangunan akan melibatkan masyarakat sebagai pekerja lokal,” Tegasnya.

Tanggapan yang kedua disampaikan Ketua Tim SBSN, Erik Darmansyah, SP.,MMA bahwa “Kami akan selalu mengingatkan pihak pelaksana pembangunan untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan masyarakat, Kami minta kepada pihak pelaksana proyek pembangunan untuk segera menyiapkan data pekerja, dan menyiapkan slot tenaga kerja lokal bagi Masyarakat Desa Sebayan,” Ujarnya.

Tanggapan yang ketiga disampaikan Direktur Poltesa, Mahyus, S.Pd.,SE.,MM bahwa “Kami sudah sampaikan jauh hari kepada pihak pelaksana proyek pembangunan untuk melibatkan Masyarakat Desa Sebayan sebagai tenaga kerja lokal di setiap proyek pembangunan di Poltesa, Kami berharap dan berkeinginan bahwa Masyarakat Desa Sebayan sebagai pihak yang pertama mendapat manfaat dari keberadaan dan pembangunan Poltesa, bahkan kami minta bantuan kepada Kades Sebayan, jika ada Masyarakat Desa Sebayan yang memiliki kemampuan akademis dan berasal dari keluarga tidak mampu maka akan kita usahakan untuk memberikan BEASISWA Kuliah di Poltesa, Kami mohon Masyarakat Desa Sebayan dapat memberikan dukungan kepada Poltesa (Dukungan dalam segala hal), Kami berharap antara Poltesa dan Masyarakat Desa Sebayan selalu dapat berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerjasama dengan baik,” Tegasnya.

Pelaksanaan Audiensi ini mendapatkan partisipasi dari seluruh pihak yang ada di Poltesa dan Masyarakat Desa Sebayan. Selain itu, pihak yang ada di Poltesa dapat lebih menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat di sekitar kampus termasuk Masyarakat Desa Sebayan. Apabila dikemudian hari ada hal-hal permasalahan dan kekeliruan yang terjadi di lapangan maka akan diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat. Pelaksanaan Audiensi Pembangunan Tahun ini digelar di tengah situasi pandemi, Pemerintah pusat selalu menghimbau agar seluruh instansi dan masyarakat menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Seperti biasanya melakukan pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan di pintu-pintu masuk, wajib menggunakan masker, dan juga menerapkan sosial/physical distancing dengan mengatur jarak ketika Audiensi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama, dan semua berjalan sesuai aturan protokol kesehatan. (LPM Poltesa/Humas Poltesa) .