Prodi D-III Teknik Mesin Poltesa Laksanakan Assesment Lapangan Secara Daring

Prodi D-III Teknik Mesin Poltesa Laksanakan Assesment Lapangan Secara Daring

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini Poltesa memiliki 9 Program Studi (Prodi) yang tergabung kedalam 3 Jurusan, yaitu Prodi D-III Teknik Mesin, Prodi D-IV Teknik Mesin Pertanian pada Jurusan Teknik Mesin, Prodi D-III Manajemen Informatika, Prodi D-IV Teknik Multimedia, Prodi D-IV Akuntansi Keuangan Perusahaan pada Jurusan Manajemen Informatika, Prodi D-III Agrobisnis, Prodi D-IV Agroindustri Pangan, Prodi D-IV Agribisnis Perikanan dan Kelautan pada Jurusan Agribisnis. Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kampus Poltesa, seluruh unsur pimpinan terus melakukan akselerasi dalam berbagai hal, salah satunya adalah dengan menyampaikan usulan akreditasi Prodi yang ada di kampus Poltesa kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Prodi D-III Teknik Mesin Poltesa mendapat kesempatan untuk melaksanakan proses akreditasi, dimana BAN-PT telah mengirim surat pelaksanaan Assesment Lapangan, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2020. Adapun asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT adalah Bapak Rusnaldy, ST.,MT.,Ph.D dari Universitas Diponegoro dan Bapak Adri Maldi Subardjah, B. Eng (Hons), M.Sc dari Politeknik Negeri Bandung. Berhubung saat ini Indonesia dan Dunia sedang dilanda Pandemi Covid-19, maka Assesment Lapangan ini dilakukan secara daring.

Prodi D-III Teknik Mesin Poltesa berdiri sejak tahun 2008, dengan Dasar Hukum Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 110/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Politeknik Terpikat Sambas di Sambas Diselenggarakan Oleh Yayasan Terpikat Sambas di Sambas, Kalimantan Barat. Dengan Visi dan misi sebagai berikut:

Visi:
“Menjadi Program Studi Teknik Mesin Yang Unggul di Bidang Perawatan Dan Perbaikan Mesin Tahun 2034”

Misi:
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Diploma III Teknik Mesin yang kompeten di bidang perawatan dan perbaikan mesin
2. Melaksanakan penelitian di bidang Teknik Mesin.
3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, industri dan pemerintah

Proses Assesment Lapangan Prodi D-III TME yang dilakukan Secara Daring berlangsung dengan baik dan lancar, Poltesa telah mempersiapkan ruang Aula Rapat Direktorat dengan internet berkapasitas besar dan jaringan yang cepat, serta segala fasilitas pendukung Assesment Lapangan Online ini dengan sangat maksimal, tidak ada kendala yang berarti selama proses assesment berlangsung. Secara teknis, pemaparan dokumen Borang Akreditasi berbasis elektronik pun berjalan dengan baik dan lancar, hal ini dikarenakan persiapan panitia Akreditasi Prodi D-III Teknik Mesin yang cukup matang. Menurut Koordinator Prodi D-III Teknik Mesin Poltesa, Ari Riyanto bahwa “kami bersama Tim, baik dari Tim Akreditasi Prodi maupun Tim Manajemen Poltesa sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri menghadapi assesment Lapangan ini, dan kami berharap akan mendapat hasil yang terbaik”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltesa, Mahyus menyampaikan “atas nama pimpinan dan Keluarga Besar Poltesa kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Asesor BAN-PT yang telah banyak memberikan masukan dan saran yang sangat konstruktif selama proses assesment berlangsung sampai selesai. Selain itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia Akreditasi Prodi Teknik Mesin yang telah berkerja keras mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari Tim Manajemen Poltesa, unsur Dosen dan Tendik Teknik Mesin, hal ini menunjukkan keseriusan Poltesa dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi Poltesa demi mencerdaskan anak bangsa”, terangnya. Lebih lanjut Direktur juga menyampaikan terimakasih kepada Alumni dan Mahasiswa Teknik Mesin, serta stakeholder seperti PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Pontianak, PT. Well Harvest Winning Alumina Refinery, Ketapang, dan semua pihak baik itu dari Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA), maupun Instansi Pemerintah yang selama ini telah berkerjasama menjadi Mitra Poltesa dan mendukung kelancaran Assesmen Lapangan Prodi Teknik Mesin. Semoga Assesmen Lapangan ini mendapatkan hasil yang baik”, harapnya. (Humas Poltesa)