Tim PKM Dosen Poltesa Ajak Masyarakat Kembangankan Kopi Lokal Sambas Untuk Peningkatan Ekonomi

Tim PKM Dosen Poltesa Ajak Masyarakat Kembangankan Kopi Lokal Sambas Untuk Peningkatan Ekonomi

  • Post author:

Poltesa.ac.id – Rabu, 11 November 2020 Tim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Poltesa memberikan bantuan Bibit Kopi Liberica yang diserahkan kepada masyarakat Desa Tanjung Keracut, Dusun Sembuak, Kecamatan Teluk Keramat, Sambas. Kegiatan PKM ini merupakan tugas dan fungsi dosen, termasuk dosen Poltesa. Para Dosen harus mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Menurut Direktur Poltesa, Mahyus yang juga sebagai Ketua dalam PKM yang bertema “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Intensifikasi Produksi Kopi Lokal Kabupaten Sambas” menyampaikan bahwa “kami melihat Potensi yang sangat besar untuk Kopi saat ini, sambutan pasar terhadap kopi sangat bagus, penikmat dan peminat Kopi semakin hari semakin meningkat, dan kami yakin Kopi Lokal Kabupaten Sambas mampu bersaing dan masuk pasar nasional bahkan internasional, untuk itu kami mengajak masyarakat untuk kembali menanam Kopi dan menjadikan Kopi Lokal sebagai komoditas unggulan Kabupaten Sambas, saya ambil contoh Kopi Lokal Sambas, Kopi Liberica yang diolah dengan proses produksi dan kemasan modern itu dapat dijual dengan harga kurang lebih Rp. 100.000-150.000/kg, sedangkan untuk Biji Kopi basah sekarang dapat mencapai harga Rp. 4000-5000/kg. Untuk itu, mari kita intensifkan pengembangan Kopi Lokal Sambas untuk Peningkatan ekonomi masyarakat”, ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Direktur I, Andiyono yang juga sebagai Anggota dalam PKM ini menyatakan bahwa “saat ini kami memang sedang konsen melakukan Penelitian terhadap Kopi, mulai dari Pengembangan Bibit, Proses Penanaman, Proses Panen, proses Produksi, bahkan sampai kepada proses Pemasaran, masyarakat jangan khawatir, Poltesa akan selalu siap untuk membantu dan mendampingi masyarakat dalam hal pengembangan Kopi dan hal-hal lain yang sesuai dengan keilmuan kami, kami akan berusaha untuk melakukan pendampingan secara maksimal sampai produk hasil produksi masyarakat tersebut sukses diterima pasar”, jelasnya.

Selain itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Poltesa, Lang Jagat mengungkapkan bahwa “tiap tahun jumlah Penelitian dan PKM Dosen Poltesa terus meningkat, kami melihat Potensi yang ada di masyarakat, dan berusaha untuk menggali dan mengembangkan Potensi tersebut menjadi sesuatu yang istimewa dan bernilai tinggi, termasuk penelitian tentang Kopi Lokal Sambas ini, dengan pendampingan yang serius dari Poltesa dan Pihak Terkait maka kami yakin perekonomian masyarakat Kabupaten Sambas akan terus meningkat”, ungkapnya.

Direktur berharap bahwa seluruh dosen Poltesa dapat memaksimalkan ilmu dan pengetahuan yang mereka miliki demi kepentingan masyarakat, selain itu Direktur juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sambas, agar jangan ragu dan sungkan untuk menyampaikan aspirasi kepada Poltesa, seandainya ada sesuatu masalah di masyarakat silahkan kirim saja Surat melalui Desa dan sampaikan masalah tersebut kepada kami, InsyaAllah akan kami bantu semampu kami, dan kami juga membuka pintu yang selebar-lebarnya untuk saran dan masukan dari masyarakat, sehingga kami dapat terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas demi kemajuan masyarakat Kabupaten Sambas”, harapnya. (Humas Poltesa)